You are here:   User Profile
Register   |  Login

My Profile

   Minimize
Profile Avatar
Kursus Online
*******
*******, ******* *******
*******
******* ******* *******
Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Hai! Sudahkah kamu memutuskan akan melanjutkan kuliah di jurusan apa selepas lulus dari SMA nanti? Tentu saja ada banyak hal yang mungkin akan memengaruhi kamu dalam mengambil keputusan penting itu, mulai dari memilih berdasarkan jurusan yang paling ramai dengan peminat hingga memilih berdasarkan jurusan yang memiliki prospek karier paling cocok untukmu.

Bicara tentang jurusan yang paling ramai dengan peminat, bagi kamu yang berada di jurusan IPS saat SMA, tentu kamu tahu betul jurusan apa yang dimaksud—apa lagi selain jurusan-jurusan yang ada di dalam Fakultas Ekonomi! Setelah ditelusuri lagi, jurusan yang paling ramai peminat di Fakultas Ekonomi adalah jurusan akuntansi, lho! Apakah jurusan satu ini juga menjadi incaranmu,?

Sebelum betul-betul berkuliah di jurusan akuntansi, enggak ada salahnya bagimu untuk mencari informasi tambahan sebanyak-banyaknya tentang akuntansi, nih. Kali ini, Kampus Swasta Terbaik di Jakarta Blog akan memberikanmu informasi tentang enam jenis bidang akuntansi yang biasanya paling banyak diminati. Siap? Yuk, mulai!

1. Akuntansi Keuangan

Jenis bidang akuntansi yang dikenal juga sebagai financial accounting ini merupakan proses yang dimulai dengan pencatatan seluruh kegiatan finansial yang berkaitan dengan akuntansi seperti transaksi-transaksi yang terjadi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan perusahaan.

Laporan yang dimaksud misalnya neraca, laporan laba rugi, hingga laporan perubahan modal atau laba. Banyak perusahaan kemudian mempublikasikan laporan keuangannya bagi para pemegang saham dan investor.

Jika bicara tentang akuntansi, kebanyakan orang akan merujuk pada bidang akuntansi satu ini, sehingga akuntansi keuangan dapat pula disebut sebagai akuntansi umum.

2. Akuntansi Pemeriksaan

Seiring dengan akuntansi keuangan, laporan-laporan yang dibuat di dalamnya kemudian harus diperiksa. Nah, kegiatan pemeriksaan ini lebih dikenal luas dengan sebutannya dalam bahasa Inggris, yaitu auditing http://www.acapela.tv/en/my-account/show/kampus/.

Tujuan dari adanya akuntansi pemeriksaan ini ialah untuk memastikan keakuratan informasi akuntansi yang tersedia di dalam laporan keuangan agar data-data yang tersedia di dalamnya dapat dipercaya kebenarannya. Tidak hanya terkait dengan keakuratan data, akuntansi pemeriksaan juga akan memastikan data yang tersedia di dalam laporan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ada serta menilai seberapa efisien serta efektifnya suatu kegiatan.

3. Akuntansi Manajemen

Sesuai dengan namanya, jenis bidang akuntansi satu ini berfungsi untuk menghimpun informasi yang dibutuhkan oleh sebuah manajemen dalam menjalankan kegiatannya.

Akuntansi manajemen dibutuhkan dalam hal pengendalian sebuah kegiatan dalam perusahaan, hal pemonitoran arus kas yang dimiliki perusahaan, bahkan hal penilaian alternatif apabila terjadi pengambilan keputusan di perusahaan. Kegiatan yang dilakukan dalam akuntansi manajemen harus disesuaikan dengan kebijakan perusahaan, sehingga dapat berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

4. Akuntansi Pemerintahan

Tidak hanya perusahaan, negara juga sangat membutuhkan tenaga akuntan profesional dalam urusan akuntansi pemerintahan, lho! Selayaknya akuntansi pada umumnya, akuntansi pemerintahan juga punya tujuan yang sama—menyediakan laporan keuangan sekaligus berperan dalam memegang kendali dalam pengawasan keuangan negara. Dengan akuntansi pemerintahan yang terstruktur baik, administrasi keuangan negara niscaya akan dapat diatur dengan baik pula https://tracky.com/~kampus-untar-121678.

Berbeda dengan akuntansi dalam perusahaan, akuntansi pemerintahan diharapkan dapat menyediakan informasi valid berupa data yang diambil dari berbagai aspek keuangan agar daripadanya dapat dilakukan pengendalian terhadap pengeluaran anggaran.

5. Akuntansi Penganggaran

Ngomong-ngomong tentang anggaran, penganggaran atau budgeting juga termasuk salah satu bidang akuntansi, nih. Di dalam bidang satu ini, sebuah anggaran—anggaran pendapatan ataupun anggaran dari biaya dasar—akan disusun berdasarkan pedoman tertentu.

Baca Juga : 7 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta yang Terakreditasi A

Nah, orang-orang di dalam akuntansi penganggaran ini akan melakukan penyusunan tersebut dengan mengaitkannya dengan kegiatan di dalam perusahaan yang akan digunakan dengan disertai dengan analisis dan juga pengawasan. Anggaran sendiri biasanya berisi tentang rencana suatu kegiatan yang akan diadakan perusahaan serta nilai uang di kemudian hari.

6. Akuntansi Pendidikan

Cukup berbeda dari bidang akuntansi lainnya, di dalam akuntansi pendidikan, terdapat pengajaran akuntansi lengkap dari ilmu dasarnya hingga cara penyusunan kurikulum pendidikannya. Akuntan yang ada di dalam dunia pendidikan dapat kita sebut sebagai bagian dari akuntansi pendidikan.

Nah, itulah beberapa jenis bidang akuntansi yang paling banyak dibutuhkan dalam dunia kerja nanti. Apakah kamu sekarang semakin mantap untuk berkuliah di jurusan akuntansi? Bidang yang manakah yang menurutmu paling tepat untukmu? Semoga informasi kali ini bermanfaat untukmu, ya! Jangan lupa, gabung bersama Kampus Swasta Terbaik di Jakarta supaya cita-citamu menuju kampus impian semakin mudah tercapai. Cuss!

My InBox

   Minimize